SELAMAT DATANG DI WEBSITE SYAMIL AQIQAH & QURBAN


Layanan Aqiqah Pelopor dan Terpercaya di Kuningan sejak 2011, telah melayani lebih dari 700 konsumen. Info dan Pemesanan : 087723032431






Hubungi Kami


Alamat & CP Kami
CP: 087723032431 / 08568146952 (Telp/SMS/WA)
FB: Syamil Aqiqah Qurban
FB: Syamil Aqiqah & Qurban Kuningan



RISALAH AQIQAH


HIMBAUAN
Saudaraku, mari kita bersama-sama menghidupkan sunnah Nabi dengan membangun kesadaran umat Islam bahwa aqiqah sama pentingnya dengan pelaksanaan Qurban di Hari Raya Idul Adha, yakni sebagai sunnah muakkadah ( sunnah nabi yang sangat ditekankan untuk dilaksanakan ). Sudaraku yang dimuliakan Alloh dengan nilai-nilai Islam, prioritas dalam hidup tentunya dibutuhkan sebagai wujud pemahaman lebih baik terhadap agama Islam. Terkait dengan ini, kami sampaikan bahwa AQIQAH lebih penting dari acara 3 bulanan, nujul bulanan ( kehamilan ) atau 7 hari, 40 hari, 100 hari, setahun atas wafatnya orang yang kita kasihi.
1 X SEUMUR HIDUP
Berbeda dengan qurban di hari raya Idul Adha yang bisa dilaksanakan setiap tahun. Aqiqah sebagai sunnah Nabi yang sangat ditekankan untuk dilaksanakan ini, yang sayangnya sering terlupakan oleh umat Islam padahal HANYA dilaksakanakn 1 x seumur hidup, sama seperti haji.
Bergabunglah bersama kami dalam barisan “ Meraih Ampunan, Surga & Ridhonya dengan AQIQAH “.
Berdasarkan pengalaman para konsumen kami, beraqiqah dengan menggunakan jasa aqiqah seperti kami,  lebih praktis dan hemat dibandingkan jika melaksanakan aqiqah sendiri. Banyak dari konsumen kami yang melakukan aqiqah untuk orangtua mereka sebagai bentuk bakti & hormat anak terhadap orangtuanya begitu pula sebaliknya-subhanalloh…
SYURGA
Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa orang terakhir yang memasuki surge memiliki tempat tinggal ( wilayah ) seluas bumi seorang diri bersama istri dan bidadari-bidadari surge.
Dan ingatlah perbandingan kenikmatan dunia dan surge seperti stetes air dengan lautan luas-subhanallah, sesuatu yang sangat jauh untuk dibandingkan, lebih tepatnya tidak layak untuk dibandingkan dengan surge dan kenikmatannya-negeri akhirat.
Mari kita raih ampunan, surge & ridhonya dengan AQIQAH –lakukanlah ketika lapang / mampu.
Rasululloh bersabda : “ Setiap anak digadaikan Aqiqah ia disembelih binatang ( kambing/domba ) pada hari ketujuh dari kelahirannya, diberi nama dan dicukur kepalanya “ ( HR. Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah dan Samirah ).
PENTINGNYA AQIQAH
Anak adalah sesuatu yang berharga dan bisa mendatangkan manfaat serta bangga memilikinya, dan Aqiqah adalah upaya untuk menebus anak kita yang masih tergadai.
HUKUM AQIQAH SETELAH DEWASA
Imam Ahmad berkata “ menurutku jika ia belum di aqiqahi sejak kecil maka lebih baik melakukan sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh “. Para pengikut Imam Syafi’I juga berpendapat demikian menurut mereka anak-anak yang sudah dewasa yang belum diaqiqah oleh orang tuanya dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri “. KAPAN SAJA BILA SUDAH MAMPU.
HIKMAH DAN MANFAAT DARI AQIQAH
1.       Meminimalisir ( mengikis ) sifat-sifat binatang yang ada pada diri anak.
2.       Memperkokoh tulang dan tubuh anak.
3.       Mempererat kasih saying antara anak dan orang tua.
4.       Upaya mensyukuri nikmat dari karunia Alloh.
5.       Wadah shilaturrahim dengan sesame kerabat dan fakir miskin.
AQIQAH UNTUK ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
Afdolnya anak laki-laki disembelihkan 2 ( dua ) ekor sedangkan anak perempuan 1 ( satu ) ekor, namun ada yang memperbolehkan untuk anak laki-laki 1 ( satu ) ekor, terutama apabila beranak kembar atau sedang dalam kesempitan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ibnu Abbas RA “ Bahwa sesungguhnya Rasulullah telah mengaqiqahkan Hasan dan Husein dengan satu kambing satu kambing”.
UMUR KAMBING AQIQAH
Kambing yang disembelih berumur 2 tahun atau 1 tahun dan boleh 8 bulan ( khusus untuk domba ) yang jelas harus sehat dan tidak mengalami hal-hal dibawah ini :
1.       Buta yang jelas-jelas butanya.
2.       Sakit, yang jelas-jelas sakitnya.
3.       Pincang, tidak hilang sebagian besar tanduknya atau kupingnya dan tidak ompong semua giginya.
4.       Kurus yang jelas-jelas kurusnya.
CARA MEMOTONG KAMBING AQIQAH
Orang yang mengaqiqah anaknya bisa menyembelih sendiri dan bisa juga diwakilkan oleh orang lain yang dibidangnya dan disunnahkan membaca :
Bismillahi Wallohu Akbar, Allohumma Sholli ‘alaa Muhammadin Wa’ala alihi wasallim. Allohumma Minka Wa alaika Taqobbal Min…. ( fulan bin fulan )
PEMBAGIAN DAGING KAMBING AQIQAH
Daging aqiqah dapat dikomnsumi oleh pelaksana aqiqah, dengan syarat tidak lebih dari 1/3 ( sepertiganya ) sisanya dibagikan kepada fakir miskin, kaum kerabat, tetangga dan suku kerabat dan suku bangsa tertentu sebagai hadiah.
MEMBERI NAMA DAN MENCUKUR RAMBUT BAYI
Diwajibkan member nama yang baik meskipun tidak harus berasal dari bahasa Arab. Sedangkan untuk rambutnya disunnahkan untuk mencukur habis rambut si bayi ( melihat kondisi anak ) setelah itu hasil dari cukuran rambut ditimbangkan, hasil berat rambut kemudian diganti dengan perak atau emas bisa juga dengan uang, lalu disedekahkan kepada fakir miskin.
DOA UNTUK BAYI
 U’IDZUKA BI KALIMAATILLAHIT TAAMMAH, MIN KULLI SYAITOONIN WA HAAMMAH, WA MIN KULLI ‘AININ LAAMMAH.
Artinya “ Aku perlindungan Engkau ( wahai bayi ) dengan kalimat Alloh yang sempurna dari setiap godaan syaiton dan racun dan setiap pandangan yang penuh dengan kebencian.”


Categories:

Leave a Reply